Daftar 10 Destinasi Wisata Bersejarah di Istanbul Turki

Airitravel.com | Apakah Anda berencana ingin mengunjungi wisata bersejarah populer di dunia? Jika ya, Istanbul sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Istanbul merupakan kota yang berada di negara Turki. Kota ini menyimpan banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur yang sangat indah. Dahulu kota ini dikenal dengan nama Konstantinopel.

Mayoritas destinasi wisata bersejarah di Istanbul adalah bangunan dengan gaya arsitektur byzantine dan tradisional Ottoman. Bangunan tersebut semakin menarik karena dilengkapi dengan ukiran dan keramik yang sangat indah. Karena alasan ini maka direkomendasikan untuk mengunjungi kota Istanbul ketika berada di Turki.

Perlu diketahui jika negara Turki berada di dua benua, yaitu Asia dan Eropa. Maka dari itu terdapat perpaduan budaya Asia dan Eropa sehingga memiliki daya tarik tersendiri. Apa saja destinasi wisata bersejarah di Istanbul? Simak ulasan dibawah ini.

10 Destinasi Wisata Bersejarah di Istanbul

1. Basilica Cistern

Destinasi wisata bersejarah di Istanbul yang harus dikunjungi adalah Basilica Cistern. Basilica Cistern ini dibangun pada masa pemerintahan Romawi Timur dan difungsikan untuk Konstantinopel dan Istana Topkapi. Dahulunya bangunan ini merupakan gereja yang kemudian disulap menjadi tempat persediaan air.

Basilica Cistern dibangun di bawah tanah serta karya dari arsitektur zaman Bizantanium. Meski tempat ini adalah sebuah sumur tetapi sangat menakjubkan karena dilengkapi dengan cahaya redup dan musik klasik. Suara dari musik klasik dipadukan dengan tetesan air membuat suasana di tempat ini begitu romantis.

Ketika berjalan menelusuri jalan setapak maka akan menemukan ikan berenang dengan anggun di antara 336 kolam. Jika terus berjalan akan menemukan kepala medusa yang ditempatkan terbalik sebagai dasar salah satu kolam di Basilica Cistern. Wisata bersejarah ini pernah menjadi lokasi syuting film James Bond: From Russia with Love (1963).

2. Hagia Sophia

Hagia Sophia merupakan tempat wisata bersejarah paling populer di Istanbul Turki. Dahulu Hagia Sophia adalah sebuah gereja ortodox dan diubah menjadi masjid ketika Istanbul jatuh ke tangan kekaisaran Ottoman (Utsmani). Bangunan ini dibangun pada saat pemerintahan Bizantium.

Menjadi lebih menarik lagi ketika Hagia Sophia dibangun dilengkapi dengan lukisan dan ukiran bekas gereja dan masjid yang sangat indah. Keberadaan lukisan ini mewakili pemandangan dari Alkitab dan tokoh-tokoh terkemuka kekaisaran Bizantium. Saat ini Hagia Sophia telah dijadikan sebagai museum yang menyimpan sejarah peradaban Turki.

Keberadaan Hagia Sophia sebagai wisata bersejarah di Istanbul tidak pernah sepi dari pengunjung. Tetapi meski merupakan bekas gereja dan masjid, pengunjung tidak boleh beribadah ditempat ini.

3. Istana Topkapi

Selanjutnya ada Istana Topkapi yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Mehmed II tahun 1459. Istana ini adalah tempat tinggal para Sultan Ottoman lebih dari 400 tahun. Namun saat ini sudah difungsikan menjadi tempat wisata bersejarah di Istanbul Turki.

Istana Topkapi menawarkan pemandangan yang begitu menakjubkan sehingga wajib untuk dikunjungi. Kompleks tempat ini terdapat kios dan juga paviliun yang dikelilingi oleh empat halaman hijau subur. Ketika berada di istana Topkapi jangan lupa menikmati keindahan pemandangan laut Marmara, Golden Horn dan Bosphorus.

Istana Topkapi menyimpan banyak barang-barang peninggalan sejarah, seperti senjata perang, perisai, barang-barang dari porselin dan miniatur. Kompleks istana ini juga memiliki fasilitas lengkap, seperti masjid, dapur, asrama, sekolah dan sebagainya.

4. Istana Dolmabache

Istana yang satu ini terletak di tepi garis Selat Bosphorus atau lebih tepatnya di Distrik Besiktas, Istanbul. Istana ini selesai dibangun pada tahun 1856 dan difungsikan menjadi pusat pemerintahan administratif Kesultanan Ottoman. Namun saat ini telah difungsikan sebagai tempat wisata bersejarah di Istanbul.

Di dalam Istana Dolmabache ditemukan beragam koleksi mewah dari Kesultanan Ottoman. Salah satu koleksi mewah tersebut adalah lampu gantung kristal Bohemian terbesar di dunia. Istana ini dibangun begitu megah sehingga tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi kota Istanbul.

5. Blue Mosque atau Masjid Biru

Blue Mosque atau dikenal juga dengan nama Masjid Sultan Ahmed merupakan wisata bersejarah di Istanbul. Sekilas bangunan masjid ini mirip dengan Hagia Sophia. Bangunannya sangat kental gaya arsitektur islam dan klasik ottoman serta dihiasi dengan 20.000 keramik bernuansa biru pada dindingnya.

Masjid ini semakin menarik lagi karena memiliki halaman yang sangat luas dengan taman-taman bunga. Masjid yang satu ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Ahmed I tahun 1616. Ciri khasnya adalah banyak kubah bertumpuk di atasnya dan terdapat menara di kedua sisinya.

Sampai saat ini bangunan masjid ini masih difungsikan untuk melaksanakan kegiatan keagamaan. Bagi Anda yang akan pergi ke Istanbul jangan sampai tidak berkunjung ke tempat ini.

6. Museum Arkeologi

Banyak wisatawan di Istanbul tetapi melewatkan untuk mengunjungi Museum Arkeologi. Padahal museum ini memiliki koleksi banyak barang antik klasik sehingga tidak heran jika menjadi salah satu wisata bersejarah di Istanbul.

Di museum ini terdapat sarkofagus dan Alexander Agung yang menggambarkan fase penting dalam hidupnya. Ada juga ubin Karamah Mihrab, Pavilion indah dan Perjanjian kades. Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan cara berjalan kaki ke kiri menuruni bukit di halaman Istana Topkapi atau Gulhane Park.

7. Kariye Museum

Kariye Museum atau Gereja Chora merupakan salah satu tempat yang harus dikunjungi ketika berada di Istanbul. Tepatnya berada di Chora/Edirnekapi serta menjadi salah satu bangunan keagamaan paling menakjubkan.

Kariye Museum ini memiliki dinding atau langit-langit yang dihiasi oleh mosaik Bizantium begitu menakjubkan. Lukisan dinding dalam bangunan ini juga sangat luar biasa bagus. Ketika berada di sana, Anda bisa menikmati sisa-sisa tembok kota abad kelima serta rumah-rumah Ottoman kayu.

8. Benteng Rumeli Hisari

Seperti namanya benteng ini dibangun oleh Rumeli Hisari pada tahun 1452. Benteng Rumeli Hisari digunakan untuk mengatur lalu lintas laur serta pertahanan kerajaan Bynzantium. Kerajaan Byzantium pernah menduduki Turki beberapa abad silam.

Benteng Rumeli Hisari berada di Distrik Sanyer di istanbul. Letaknya berada di sebuah bukit di sisi Eropa dari Selat Bosporus. Hingga saat ini Benteng Rumeli Hisari ini masih berdiri kokoh dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

9. Museum of Turkish and Islamic Arts

Museum ini merupakan bekas dari Istana Ibrahim Pasa. Museum of Turkish and Islamic Arts memiliki lebih dari 40.000 koleksi yang sangat mengagumkan. Setiap ruangan di bangunan ini difokuskan pada periode yang berbeda-beda.

Di bangunan museum ini Anda bisa belajar tentang kehidupan Turki pada abad 8 hingga 19. Koleksi terkenal di museum ini terbuat dari karpet raksasa yang mengantung di langir-langit. Selain itu juga ditemukan rumah kopi Turki.

10. Masjid Eyup Sultan

Masjid Eyup Sultan adalah yang paling tua di Istanbul. Masjid ini dibangun setelah Istanbul ditaklukkan oleh Ottoman Sultan Mehmed II. Letaknya berada di Distrik Eyup dibangun sekitar abad 19 dan masih kokoh hingga saat ini.

Dalam kompleks masjid ini terdapat makam dari salah satu sahabat nabi Muhammad yaitu Abu Ayub. Ketika ramadan tiba masjid Eyup Sultan banyak pengunjung karena ada banyak kegiatan. Salah satunya adalah pertunjukan Karagoz and Hacivat.

Nah itulah 10 destinasi wisata bersejarah di Istanbul Turki. Diharapkan informasi diatas bisa menambah pengetahuan tentang wisata sejarah yang harus dikunjungi ketika berada di Istanbul. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post