Daftar 10 Destinasi Wisata di Kepulauan Seribu yang Populer

Airitravel.com | Ketahui daftar 10 destinasi wisata di Kepulauan Seribu yang bisa Anda kunjungi bersama orang terkasih. Tidak perlu pergi jauh dari Ibu Kota karena di seberang pulau terdapat banyak pesona keindahan yang barangkali belum tereksplor oleh Anda.

{tocify} $title={Daftar Isi}
Kunjungan ke salah satu Pulau di Indonesia ini sekaligus membangkitkan perekonomian lokal yang pernah goyah akibat corona. Warga Jakarta dan luar Jakarta akan disambut dengan tangan terbuka oleh masyarakat lokal setempat ketika berkunjung ke Pulau Seribu.

10 Destinasi Wisata di Kepulauan Seribu

Memangnya ada destinasi apa saja yang bisa dikunjungi di kepulauan seribu? Banyak. Beriku adalah 10 destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi di kepulauan seribu:

1.Pulau Bidadari

Pertama dari 10 destinasi wisata di Kepulauan Seribu adalah Pulau Bidadari. Siapa sangka, pulau yang kini dinamai Bidadari ternyata dulunya tempat pembuangan orang sakit saat penjajahan Belanda.

Itu sebabnya selain disebut Pulau Bidadari, juga disebut sebagai Pulau Sakit atau Pulau Purmerend. Dulu menyedihkan, sekarang bahkan Anda dapat melakukan berbagai kegiatan, seperti jetski, kano, dan banana boat.

Tersedia banyak penginapan di sekitar pulau yang bisa Anda nikmati selama liburan. Akan sangat seru jika menjalani libur panjang bersama teman-teman beberapa hari. Apalagi jelang libur panjang saat akhir tahun ini.

2.Pulau Ayer

Ada yang berbeda dari Pulau Ayer, yakni pengambilan tema utama berupa rumah adat Papua, Honai. Uniknya, Honai ini dibuat mengapung pada permukaan air. Zaman dahulu kala, Honai digunakan sebagai tempat peristirahatan Presiden pertama RI dan Raja Banten.

Sebagai salah satu dari 10 destinasi wisata di Kepulauan Seribu, berbagai fasilitas yang tersedia tergolong lengkap. Banyak kapal terjadwal untuk menghubungkan Anda dari Pulau Ayer ke Pantai Marina Ancol. Tersedia banyak wisata air juga yang dapat dinikmati.

Jika ingin membawa oleh-oleh dari Pulau Seribu maka Anda dapat membelinya dari toko terdekat. Banyak penginapan sudah tersedia sehingga tidak perlu bingung menentukan akomodasi jika ingin menginap selama beberapa hari.

3.Pulau Onrust

Onrust sangat cocok untuk kunjungan satu hari perjalanan saja, sama seperti Cipir dan Kelor. Pada mulanya pulau ini ditujukan sebagai peristirahatan para jamaah haji pada masa Pemerintahan Hindia Belanda. Onrust adalah bahasa Belanda, artinya tidak pernah istirahat.

Pada masa Hindia Belanda, Onrust yang kini menjadi daftar 10 destinasi wisata di Kepulauan Seribu memang tidak pernah sepi karena menjadi destinasi kapal angkatan laut Belanda. Seiring kemerdekaan RI, akhirnya tahun 1971 Gubernur Ali Sadikin membuat sejarah.

Beliau secara resmi menetapkan Onrust sebagai Cagar Budaya untuk mengenang seberapa hebatnya perjuangan pahlawan Indonesia. Tidak ada fasilitas berarti yang bisa Anda kunjungi sehingga kebanyakan wisatawan memang hanya melakukan perjalanan selama satu hari saja.

4.Pulau Tidung

Pulau Tidung terbagi menjadi Tidung Besar dan Tidung Kecil, dimana keduanya dihubungkan oleh Jembatan Cinta. Perbedaan antara Tidung Besar dan Tidung Kecil adalah ada dan tidak adanya penghuni. Tidung Besar telah dihuni manusia sehingga fasilitasnya cukup lengkap.

Sementara untuk Tidung Kecil yang juga menjadi bagian dari 10 destinasi wisata di Kepulauan Seribu hanya digunakan untuk konservasi hutan mangrove atau bakau. Namun, perairan Tidung Kecil justru sangat jernih dan begitu tenang serta menarik untuk snorkeling.

Penghubung berupa Jembatan Cinta tidak hanya bisa diakses dengan berjalan kaki, tetapi juga menggunakan sepeda. Anda dapat menyewa sepeda dari warga lokal setempat. Sudah tersedia banyak penginapan apabila ingin menikmati alam Pulau Tidung lebih lama.

5.Pulau Pari

Pari dikenal juga sebagai Pantai Pasir Perawan karena keindahan alamnya yang tidak ternodai. Airnya yang begitu jernih dan terumbu karang yang sangat mempesona menjadi bukti bahwa alam Jakarta masih ada juga yang tidak terkontaminasi polusi manusia.

Pari yang menjadi salah satu 10 destinasi wisata di Kepulauan Seribu juga memberikan kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas seru. Sebut saja menanam bakau, watersport, snorkeling, bersepeda, diving, serta kunjungan ke LIPI.

Hal lain yang bisa dilakukan dari Pulau Pari adalah menikmati matahari terbit dan matahari terbenam pada waktu tepat. Anda dapat merekam keindahan panorama alam dari salah satu bagian Kepulauan Seribu di Jakarta Utara ini.

6.Pulau Pramuka

Pramuka sudah menyediakan banyak fasilitas menarik karena terdapat banyak penghuni pada pulau ini. Pramuka terkenal dengan keindahan bawah lautnya sehingga sangat menjadi magnet bagi para wisatawan untuk melakukan snorkeling maupun diving.

Ada banyak kegiatan bisa dilakukan pada salah satu 10 destinasi wisata di Kepulauan Seribu, seperti berjemur di pinggir pantai. Anda juga dapat melakukan aktivitas permainan voli, berenang di area yang aman, serta menikmati edukasi penangkaran penyu sisik.

Karena sudah disediakan banyak fasilitas penginapan dan tempat makan maka akan sangat disayangkan jika hanya berkunjung untuk satu hari. Anda bisa melakukan eksplorasi lebih banyak lagi apabila menghabiskan waktu beberapa hari bersama teman dan keluarga.

7.Pulau Sepa

Jika ingin menikmati pulau pribadi di kawasan Jakarta, Anda bisa mencoba mengunjungi Pulau Sepa. Keindahan pantainya tidak perlu diragukan lagi karena memanjakan mata dengan pemandangan langsung ke laut.

Pasir salah satu dari 10 destinasi wisata di Kepulauan Seribu ini berwarna putih dilengkapi air sejernih kristal. Ada beberapa penginapan pada sekitar lokasi sehingga memudahkan Anda yang ingin menikmati liburan selama beberapa hari.

Banyak aktivitas seru dapat dilakukan, seperti jetski, banana boat, kano, dan juga snorkeling. Warga Jakarta tidak perlu jauh-jauh ketika ingin menikmati sensasi pulau pribadi. Anda bisa berlatih dari Pulau Sepa sebelum nanti membeli pulau sendiri pada suatu tempat.

8.Pulau Pelangi

Pelangi terletak pada bagian Utara ujung Kepulauan Seribu. Termasuk pantai yang aman untuk Anda dan anak-anak karena konturnya landai, juga terdapat pemecah ombak pada beberapa tempat. Ada penanda keamanan juga untuk para penyelam.

Selain airnya yang jernih, salah satu dari 10 destinasi wisata di Kepulauan Seribu ini dapat dinikmati pula keindahannya melalui hamparan pasir putih yang memanjakan mata. Ada banyak fasilitas disediakan, salah satunya resto apung untuk mengenyangkan perut.

Melakukan berbagai aktivitas air tentu memancing lapar bagi para pengunjung. Dengan adanya resto apung, Anda bukan hanya bisa mengenyangkan perut, tetapi juga menikmati indahnya panorama alam di sekitar Kepulauan Seribu.

9.Pulau Macan

Pulau Macan mengusung konsep eco friendly sebagai salah satu upaya menjaga kelestarian alam yang sudah banyak tercemar. Terdapat banyak penginapan tersedia sehingga Anda dapat menginap beberapa hari dan lebih puas menikmati keindahan alam Pulau Macan.

Fakta menarik lainnya adalah pulau ini terdiri atas pulau kecil dimana fisik pulau kecil tersebut hanya terlihat saat air surut. Lebih uniknya lagi, salah satu dari 10 destinasi wisata di Kepulauan Seribu ini dapat dikunjungi hanya dengan menyusuri pantainya.

Jika Anda datang saat air surut maka Pulau Macan Kecil akan terlihat dan Anda bisa sampai kesana hanya dengan menyusuri pantai. Banyak kegiatan seru, salah satunya pengenalan biota air kepada anak-anak ketika Anda mengunjungi Pulau Macan.

10.Pulau Putri

Terakhir, Pulau Putri memberikan sentuhan berbeda karena mempersilakan pengunjungnya menikmati keindahan pantai tanpa perlu basah. Pulau Putri juga dikenal sebagai akuarium bawah laut dan merupakan destinasi terbaik yang bisa dikunjungi setiap hari di Pulau Seribu.

Glass bottom boat disediakan oleh pengelola sebagai bentuk atraksi keliling pulau. Glass bottom boat adalah kapal yang bagian dasarnya terbuat dari kaca. Fasilitas ini kian melengkapi keseruan berlibur di 10 destinasi wisata di Kepulauan Seribu.

Anda akan menemukan banyak penginapan sehingga bisa lebih puas dan lebih lama menikmati indahnya alam Pulau Seribu. Ada juga banyak resto setempat yang menyajikan berbagai menu lezat seiring dengan dilengkapinya panorama keindahan alam Seribu.

Bingung akan melakukan apa saja di Pulau Putri? Banyak, semua berhubungan dengan air. Anda bisa melakukan banana boat, snorkeling, scuba diving, atau sekadar menyaksikan pemandangan alam yang indah dan memanjakan mata melalui glass bottom boat.

Nikmati keindahan alam Pulau Seribu dengan memilih salah satu dari 10 destinasi di atas. Anda bahkan bisa mengunjungi 10 destinasi wisata di Kepulauan Seribu jika secara bergantian bersama teman maupun keluarga.

Post a Comment

Previous Post Next Post