Taman Impian Jaya Ancol (Update Harga Tiket Masuk 2022)

Taman Impian Jaya Ancol Jakarta
Airitravel.com | Siapa sih yang tidak tahu destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol yang berlokasi di Jakarta Utara ini? Sudah ada sejak dahulu, Ancol selalu menjadi pilihan ketika ingin melepas penat dengan melihat pantai, berenang dan bermain di pinggir pantai, dan kegiatan seru lainnya.

{tocify} $title={Daftar Isi}
Berkunjung bersama keluarga atau bersama orang terdekat ke Taman Impian Jaya Ancol adalah pilihan yang tepat karena selain objek wisata pantai dan tamannya juga terdapat beberapa wahana lainnya yang akan membuat liburan Anda menyenangkan dan berkesan.

Mengenal Taman Impian Jaya Ancol

Jauh sebelum kehadiran Pantai Indah Kapuk, taman Ancol ini sudah lebih dulu hadir dengan panoramanya yang memanjakan mata para pengunjung. Anda dapat bersantai sekitar Pantai Lagoon Beach Pool, Indah, Festival, Carnaval, dan Dandu Impian.

Anda bahkan tidak perlu khawatir akan kelaparan setelah berjalan-jalan di sana karena terdapat banyak tempat makan khas dari berbagai daerah. Mulai dari makanan khas Bali, khas Sunda, dan sebagainya bisa Anda temukan di berbagai sudut.

Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas di sana seperti kereta sato-sato yang memberikan akses penghubung antara satu tempat dengan tempat lain. Misal, mau ke Dufan, Ocean Dream Samudera, Allianz Ecopark, dan banyak lagi yang lainnya.

Jalur kereta sato-sato di Taman Impian Jaya Ancol telah membentang sepanjang 3,6 km dari Gerbang Timur sampai ke Pantai Bende ke Ocean Dream Samudera lalu ke Dufan. Waktu operasional kereta ini dimulai sejak pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 18.00 sore.

Kereta sato-sato adalah rangkaian kereta yang bisa memuat sebanyak 400 orang untuk satu kali perjalanan. Kereta ini memang dikhususkan bagi seluruh pengunjung. Anda tidak perlu membayar biaya sepeserpun untuk bisa menaikinya.

Kemudian juga yang menarik dari kereta sato-sato adalah sudah dirancang sedemikian rupa agar ramah terhadap para difabel. Dari sekian banyak gerbong, terdapat satu gerbong khusus untuk difabel sehingga akan lebih nyaman berkeliling di Taman Impian Jaya Ancol.

Harga Tiket Masuk Ancol (Update Nov 2022)

Sekarang untuk membeli tiket, tidak perlu repot antre lama lagi di loket. Anda bisa dari jauh hari memesan tiket melalui internet agar lebih praktis. Berikut adalah beberapa tiket masuk ke Taman Impian Jaya Ancol terbaru wajib untuk diketahui sebelum mengunjungi Ancol.
  1. o Rp25.000 - Tiket Mobil
  2. o Rp25.000 - Tiket Motor
  3. o Rp45.000 - Tiket Bus
  4. o Rp25.000 - Tiket /Orang
Berbagai jenis tiket masuk tersebut bisa Anda pesan melalui berbagai platform terpercaya atau langsung melalui situs resminya di Ancol.com.

5 Objek Wisata di Taman Impian Jaya Ancol

Selain wisata pantai dan taman ada beberapa wahana yang sangat populer dan sayang jika Anda lewatkan saat berkunjung ke Ancol. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini:

1.Dufan (Dunia Fantasi)

Bukan hanya terkenal dengan wisata airnya, Taman Impian Jaya Ancol juga hadir dengan taman wisata bermain Dufan. Dufan adalah theme park pertama yang dikembangkan perseroan sejak Februari 2017 dengan legalitas ISO 9001:2015.

Fakta menarik terkait Dufan adalah ini merupakan wisata edutainment fisika terbesar di Indonesia. Untuk bisa menikmati berbagai keseruan di Dufan, Anda cukup membayar tiket Rp250.000 saat hari biasa dan Rp275.000 saat akhir pekan.

Tersedia juga annual pass sebesar Rp350.000, six month pass sebesar Rp295.000 Fastrax untuk hari biasa Rp300.000 dan saat akhir pekan Rp375.000. Waktu kunjungan bisa dimulai dari pukul 10.00 - 17.00 untuk hari biasa dan dari pukul 10.00 - 19.00 untuk akhir pekan.

2.Atlantis Water Adventure (AWA)

Berenang di Atlantis Water Adventure Taman Impian Jaya Ancol cocok untuk Anda yang ingin bermain air, tapi tidak ingin di pantainya. AWA mengusung tema kota mediterania yang lenyap akibat letusan gunung api serta gempa.

Anda dapat merasakan keseruan bermain di sini hanya dengan membayarkan tiket Rp105.000 per orang jika datang saat akhir pekan. Jika datang berempat maka tiket bisa diskon menjadi Rp75.000 saja per orang.

Ada lagi penawaran tiket Rp152.000 sudah termasuk fasilitas naik gondola. Waktu operasional AWA berlangsung mulai pukul 09.00 - 15.30 untuk hari biasa dan dari pukul 08.00 - 17.30 saat akhir pekan.

3.Ocean Dream Samudera (ODS)

Ingin memperkenalkan lumba-lumba kepada anak? Anda bisa mengunjungi Ocean Dream Samudera di Taman Impian Jaya Ancol. Disini Anda bisa merasakan keseruan bermain bersama lumba-lumba di Taman Impian Jaya Ancol. Waktu operasional baik hari biasa maupun saat akhir pekan selalu dimulai dari pukul 10.00 dan berakhir pukul 15.30.

4.SeaWorld Ancol

Menikmati akuarium besar sambil berjalan santai dari satu lorong ke lorong berikutnya merupakan edukasi mengasyikkan untuk anak. Anda cukup membayar tiket Rp110.000 jika kedatangan saat hari biasa sudah termasuk tiket masuk gerbang utama Ancol.

Namun, jika datang saat akhir pekan maka tambahkan dana menjadi Rp130.000 juga sudah termasuk tiket masuk. Ada banyak sekali binatang air bisa disaksikan di sini. Waktu operasional dimulai pukul 09.30 - 16.30, kecuali Minggu dimulai sejak pukul 09.00.

5.Kereta Gantung (Gondola)

Menikmati pemandangan Taman Impian Jaya Ancol dari atas, Anda dapat mencoba naik gondola untuk berkeliling di udara. Jika datang saat akhir pekan maka Anda harus membayar Rp70.000. Gondola akan beroperasi sejak pukul 10.00 - 17.00.

Sejarah Taman Impian Jaya Ancol

Pada tahun 1954, presiden Soekarno melakukan perjalanan dinas ke Amerika Serikat kemudian pada saat itu beliau mengunjungi Disneyland dan segera mendapatkan inspirasi dari sana. Saat presiden Soekarno kembali beliau ke Indonesia, dimulailah pembangunan taman Ancol yang selesai pada tahun 1966.

Ketika menyeberangi pantai yang luas, Anda akan sampai ke satu pulau dimana di sana nyaris sama sekali tidak ada kehidupan manusia. Pulau tersebut pernah menjadi tempat eksekusi para tentara yang menentang Jepang ketika Jepang berkuasa.

Sekitar 2000 orang telah dimakamkan di sana sebagai bukti kebengisan Jepang kepada Indonesia. Namun, seiring waktu, Taman Impian Jaya Ancol mulai berbenah hingga akhirnya sampai saat ini Anda dapat menikmati berbagai hiburan seru bersama keluarga.

Pada saat itu sumber biaya pembangunan diambil alih oleh swasta, tepatnya Compagnia Industriale de Travaux atau Citra. Pertimbangan tersebut karena tidak memungkinkan untuk kontraktor dalam negeri melakukannya.

Soekarno menunjuk Soemarno dan Soekardjo Hardjosoewirjo sebagai pelaksana pembangunan proyek. Dua orang tersebut bertanggung jawab atas legalitas pembangunan dan manajemen pekerjaan di lapangan dari tahun 1960 sampai 1966.

Sejak berdiri hingga kini Taman Impian Jaya Ancol menyandang predikatnya sebagai taman edutainment terbesar di Indonesia dan belum ada yang bisa menyainginya.

Post a Comment

Previous Post Next Post