Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Wisata Edukasi Terbaik

Taman Mini Indonesia Indah Istana AnakGambar Istana Anak
AIRITRAVEL.COM | Siapa tidak mengenal destinasi wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang terletak di Jakarta Timur ini? Miniatur Indonesia dari Sabang sampai Merauke tertata rapi atas inisiasi Ibu Tien Soeharto. Sampai sekarang semua para pengunjung bisa menikmatinya, terutama warga DKI.

{tocify} $title={Daftar Isi}
Destinasi satu ini cocok untuk tempat liburan keluarga karena didalamnya terdapat banyak pilihan objek wisata yang menarik dan populer. Selain itu kita bisa mengenal kebudayaan berupa rumah adat dari ujung Timur sampai ke Barat sambil secara langsung.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan salah satu destinasi wisata legendaris yang ada di Indonesia. Berdiri sejak tahun 70-an lalu dan masih sangat berfungsi sampai saat ini dan itu mengindikasikan bahwah destinasi TMII mendapat perawatan yang baik.

Destinasi ini merangkum kebudayaan Indonesia secara fisik dari Sabang sampai Merauke sehingga sangat cocok dijadikan destinasi edukasi bersama keluarga. Ketika memasuki pintu masuk, kita akan melihat banyak pemandangan menarik yang sangat bagus untuk tempat menghilangkan penat.

Harga Tiket Masuk Taman Mini Indonesia Indah TMII

Untuk bisa menikmati berbagai keseruan objek wisata yang ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tentunya kita diharuskan membayar tiket. Berikut daftar harga tiket terbarunya.

Tiket Masuk Gerbang Utama

Tiket /Orang Rp. 25.000,-
Tiket Motor Rp. 15.000,-
Tiket Mobil Rp. 25.000,-
Tiket Bus Rp. 50.000,-

Tiket Masuk Objek Wisata

Istana Anak Rp. 25.000,-
Snowbay Waterpark Rp. 75.000,-
Kereta Gantung Rp. 45.000,-
Teater 4D Rp. 35.000,- 60.000,-
Taman Legenda Rp. 80.000,- 85.000,-
Taman Burung Rp. 30.000,-
Museum Pusaka dan Asmat Rp. 15.000,-
Dunia Air Tawar dan Serangga Rp. 35.000,-

NB:
anak di bawah umur 2 tahun dan yang tinggi badannya belum 80 cm tidak akan dikenakan biaya masuk sama sekali alias gratis.

Selain membeli tiket Taman Mini Indonesia Indah (TMII) langsung di lokasi, kita juga bisa memesannya secara online dan nanti ditukar di loket pada saat masuk.

Objek Wisata Populer di Taman Mini Indonesia Indah TMII

Selain terdapat banyak rumah adat dari tiap daerah, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga Anda dapat menikmati berbagai fasilitas rekreasi lainnya. Berbagai tempat hiburan tersebut meliputi beberapa destinasi berikut ini:

1.Istana Anak

Istana anak-anak Indonesia, disingkat juga menjadi IAAI didesain mirip seperti istana pada negeri dongeng pada umumnya. Di sini, anak-anak bisa belajar sekaligus bermain pada waktu bersamaan. Bangunan utama istana disebut sebagai Graha Widya Tama.

Bangunan ini terdiri atas 4 lantai dimana pada lantai kedua dibuat sebagai area terbuka. Untuk bisa menikmati estetika bangunan ini, Anda cukup membayar tiket masuk Rp25.000 saja per orang yang bisa dikunjungi pada Senin - Minggu pukul 09.00–16.00.

2.Snowbay Waterpark

Snowbay Waterpark merupakan alternatif untuk Anda dan anak-anak yang ingin berenang atau melakukan wisata air lainnya. Namun, semenjak corona kabarnya destinasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sempat terbengkalai hingga beralih fungsi menjadi parkiran.

Namun, sebagai referensi, tiket masuk untuk mengunjungi Snowbay Waterpark ditaksir sekitar Rp75.000 bisa dikunjungi setiap hari pukul 09.00–18.00. Dengan nominal sebesar itu, Anda sudah mendapatkan banyak fasilitas menarik, diantaranya pemandian air panas dan kolam arus yang bagus untuk relaksasi.

3.Kereta Gantung

Ingin menyaksikan penampilan TMII dari atas dan secara lebih jelas? Anda dapat menaiki kereta gantung. Untuk menikmati fasilitas ini, diperlukan tiket masuk sebesar Rp45.000 saja dengan jam buka 09:00-16:30. Kereta gantung ini memiliki sebanyak 3 stasiun dimana ketiganya saling terhubung.

Kereta gantung menjadi moda transportasi paling ramai dicoba oleh para pengunjung. Bagi yang tidak takut ketinggian, akan sangat disayangkan apabila sudah datang ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tetapi melewatkan kesempatan menaiki kereta gantung ini.

4.Teater 4D

Jika biasanya menyaksikan tayangan film 3 dimensi, maka kali ini Anda dapat menyaksikan tayangan 4 dimensi di TMII. Awalnya ini merupakan teater 3 dimensi yang sudah dibangun sejak tahun 1986. Kemudian berubah menjadi 4 dimensi pada 15 April 2007 lalu.

Perkembangan teknologi membuat banyak orang cerdas terus berinovasi, terutama dalam bidang animasi. Harga tiket masuk berkisar antara Rp35.000 sampai Rp60.000 per orang jam bukanya 09.15–17.00. Gedung ini telah dibangun sejak 1984 dan masih kokoh berdiri sampai sekarang.

5.Taman Legenda

Taman Legenda Keong Emas bisa dinikmati bersama keluarga dengan membayarkan tiket masuk sebesar Rp80.000 saat hari biasa. Sementara saat akhir pekan, harga naik menjadi Rp85.000, termasuk saat musim liburan. Untuk pengunjungannya bisa di Senin – Jumat 10.00 – 17.00 WIB dan Sabtu – Minggu 09.00 – 18.00 WIB.

Salah satu destinasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini menghadirkan banyak destinasi seru, seperti Zona Dinosaurus, Plaza Legenda, Zona Karnaval, dan masih banyak lainnya. Anda bisa menikmati keseruan berlibur bersama keluarga di tempat ini.

6. Taman Burung

Terakhir, destinasi lainnya yang bisa dikunjungi adalah Taman Burung. Di sini Anda bisa memperkenalkan aneka spesies burung kepada anak-anak dengan seru. Terdapat sebanyak 175 jenis burung yang jumlahnya sudah mencapai ribuan ekor, baik lokal maupun dari luar.

Untuk bisa menikmati suasana alami dari cicit burung, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang. Anda sudah mendapatkan akses masuk lokasi sejak jam 8 pagi dan akses akan berakhir paling lambat pada pukul 4 sore.

Salah satu destinasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini sangat direkomendasikan untuk mengajarkan seputar fauna kepada anak-anak. Anda bisa ikut belajar juga mengenal berbagai spesies burung melalui berbagai keterangan tertulis.

Sejarah Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Sudah ada sejak lama, rasanya kurang afdol jika kita tidak mengulas sejarah TMII. Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 150 hektar dimana setiap bangunannya mengusung konsep tradisional dan menekankan pada kebudayaan Indonesia, makanya TMII disebut miniatur Indonesia.

Ibu Ibu Tien Soeharto merupakan penggagas kehadiran Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur. Gagasan tersebut beliau sampaikan saat rapat pengurus YHK di Jalan Cendana Nomor 8, Kota Jakarta.

Yang diinginkan ibu Tien saat itu adalah pembangunan seluruh rumah adat dilengkapi kesenian khasnya dan juga berbagai flora serta fauna khas dari setiap daerah. Tidak lain yang diinginkan oleh Ibu Tien adalah untuk meningkatkan rasa bangga sebagai orang Indonesia.

Gagasan dari Ibu Tien semakin kuat setelah beliau mendampingi Soeharto yang kala itu masih menjabat sebagai presiden melakukan perjalanan kenegaraan ke berbagai negara. Salah satu yang menginspirasi Ibu Tien adalah adanya Disneyland Amerika Serikat.

Gagasan tersebut untuk pertama kali dikemukakan pada 13 Maret 1970. Kemudian pada 30 Januari 1971, untuk pertama kalinya Ibu Tien mengutarakan maksud dan tujuannya ingin menghadirkan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai miniaturnya negeri ini.

Pengutaraan tersebut dilakukan setelah penutupan Rapat Kerja Gubernur, Bupati, dan Walikota seluruh Indonesia di Istana Negara. Kala itu, Ibu Tien didampingi oleh Menteri Dalam Negeri, Amir Mahmud untuk menyampaikan gagasannya di hadapan publik.

Singkatnya, Ibu Tien Soeharto menunjuk Nusa Consultants sebagai pembuat rencana induk sekaligus studi kelayakan. Tugas yang beliau diberikan diselesaikan oleh Nusa Consultants dalam kurun waktu 3,5 bulan.

Pembangunan baru dimulai pada tanggal 30 Juni 1972 secara bertahap dan selesai tiga tahun kemudian atau tepatnya tahun 1975. Sejak saat itu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi salah satu destinasi pilihan para wisatawan dalam maupun luar negeri.

Post a Comment

Previous Post Next Post